CARA MENGGUNAKAN APAR ( ALAT PEMADAM API RINGAN ) DENGAN BAIK DAN BENAR

 



Alasan Mengapa kita Perlu Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Rumah, tempat usaha, kantor dll


Berita kebakaran yang menghanguskan rumah atapun jenis bangunan lain sering kita dengar di berbagai media. Sumber kebakaran itu sendiri dapat berasal dari korsleting listrik, puntung rokok, kompor meledak, hingga berbagai sumber lain. Naasnya, kebakaran tersebut awalnya bermula dari api kecil yang tidak segera dipadamkan atau dipadamkan dengan cara yang tidak tepat, sehingga api membesar dan memakan habis semuanya.

Kejadian seperti ini dapat dicegah atau diminimalisir dengan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR). Apabila terjadi kebakaran, kita bisa segera menggunakan tabung APAR dan menyemprot api hingga benar-benar padam.

Mengapa Kita Perlu APAR di Rumah

Ilustrasi diatas menjadi gambaran tentang pentingnya memiliki alat pemadam api kebakaran ringan di rumah masing-masing. Secara rinci, alasan mengapa kita perlu APAR di rumah adalah:

Langkah Penanganan Pertama Terhadap Kebakaran

Alasan mengapa kita perlu APAR di rumah adalah sebagai langkah penanganan pertama terhadap kebakaran. APAR dapat membantu untuk memadamkan api yang ada sambil menunggu pertolongan dari petugas pemadam kebakaran.

Mencegah Api Membesar

Alasan lain yang tidak kalah penting mengapa kita perlu APAR di rumah adalah untuk mencegah api membesar. Percikan api kecil dapat dengan mudah dipadamkan dengan APAR dibandingkan dengan api yang sudah membesar dan merambat kemana-mana. Oleh karena itu, pada tanda pertama munculnya api di salah satu area rumah, segera padamkan dengan alat ini.

Untuk alasan ini, sangat penting untuk memiliki APAR di dalam rumah. Namun, Anda perlu memahami bahwa tipe api yang berbeda membutuhkan jenis APAR yang berbeda. Kenali jenis-jenis APAR berdasarkan materi pemadam dan tipe api yang dapat dipadamkan, dan pilihlah APAR yang sesuai dengan kondisi di rumah masing-masing.

Tabung APAR memiliki informasi tentang tipe api yang dapat dipadamkan yaitu:

1. Tipe A

Api tipe A ini merupakan api yang paling umum, yang terjadi pada benda padat non logam seperti kertas, kayu, plastik, dan kain.

2. Tipe B

Api tipe B yaitu api yang membakar bahan cair dan gas yang mudah terbakar seperti bensin, oli, alkohol, cat, solvent, dan lain sebagainya.

3. Tipe C

Api tipe C adalah api yang membakar instalasi listrik dan peralatan listrik yang bertegangan seperti mesin kerja dan komputer.

4. Tipe D

Api tipe D yaitu jenis api yang membakar benda-benda logam yang mudah terbakar seperti aluminium, magnesium, potassium, dan sodium.

Di dalam rumah, sebaiknya Anda memiliki APAR yang dapat memadamkan api tipe A yang umum terjadi dalam sebuah hunian. Namun, bila rumah Anda ternyata memiliki material yang masuk dalam kategori api tipe lainnya, pergunakan APAR yang dapat memadamkan api tipe A,B, dan C sekaligus. Dalam hal pemilihan APAR yang tepat di rumah, konsultasikan kebutuhan Anda dengan pihak distributor Tonata terpercaya.

Membantu Membuat Akses Jalan Keluar dalam Kebakaran Besar

Alasan mengapa kita perlu APAR di rumah selanjutnya akan terlihat dalam kebakaran besar. Apabila sudah terlanjur terjadi kebakaran besar, maka Anda harus segera keluar dari dalam rumah. Untuk membantu membuka akses jalan yang tertutup oleh api, semprotkan tabung APAR di depan Anda dan ikuti jalur yang terbuat untuk segera keluar dari rumah dan mencari tempat aman.

Menyelamatkan Jiwa dan Lingkungan Sekitar

Tidak perlu diragukan lagi, keberadaan APAR di rumah dapat membantu menyelamatkan jiwa orang-orang yang berada di area tersebut. Di sisi lain, api yang dapat segera dipadamkan dengan APAR tidak memiliki kesempatan untuk membakar/merusak lingkungan sekitar.

Tempat Terbaik untuk Menyimpan Tabung APAR di Rumah, kantor, tempat usaha, fasilitas publik dll

Penempatan APAR di dalam rumah juga perlu mendapat perhatian tersendiri. Pastikan untuk menempatkannya di area yang strategis dan mudah terjangku. Bagi Anda yang tinggal di rumah bertingkat, usahakan untuk memiliki APAR di setiap tingkatnya. Hal ini untuk memudahkan dalam penggunaan alat pemadam ini saat dibutuhkan.

Simpan/gantung APAR di tempat-tempat berikut ini:

• Dapur. Aktivitas memasak di dapur yang melibatkan api dan minyak berpotensi untuk menimbulkan kebakaran. Tidak heran bila APAR menjadi salah satu alat yang sebaiknya ada di dapur masing-masing. Pastikan untuk meletakkan APAR jauh dari kompor dan tabung gas, namun tetap mudah dijangkau.

• Dekat dengan area yang berpotensi terjadi kebakaran. Area yang dimaksud adalah area yang menjadi sumber panas dan listrik, seperti dapur atau lokasi yang memiliki banyak peralatan elektronik.

• Area kerja seperti workshop dan garasi.

APAR harus disimpan dalam suhu yang tepat dan tidak terlalu panas. Untuk itu, jauhkan APAR dari sumber panas seperti kompor, tempat panggangan, oven, dan sebagainya namun tetap mudah dijangkau.

Penempatannya sendiri dapat diletakkan dalam lemari atau digantung di dinding. Posisikan APAR jauh dari jangkauan anak dan hewan peliharaan. APAR tersebut juga harus dapat diakses dengan mudah oleh orang dewasa yang berada dalam rumah tersebut.

Perawatan APAR


Jangan lalai dalam merawat APAR yang ada di rumah Anda. Pemeriksaan dan perawatan rutin APAR akan membuat kondisi APAR tetap prima dan siap digunakan saat dibutuhkan. Perawatannya sendiri tergolong sederhana, misalnya dengan:

• Membersihkan tabung APAR dari debu, kotoran, dan karat

• Mengecek tekanan tabung untuk memastikan tidak ada kebocoran

• Beberapa tipe APAR perlu dikocok sebulan sekali untuk memastikan material pemadam didalamnya tidak memadat atau mengeras

• Mengisi ulang tabung APAR secara berkala, walaupun tabung tersebut tidak pernah dipergunakan.

Cara Penggunaan APAR


Mengetahui berbagai alasan pentingnya memiliki APAR di rumah serta memiliki alat tersebut tidaklah cukup. Anda juga perlu mengetahui cara penggunaannya, sehingga saat dibutuhkan, Anda mampu mengoperasikannya dan memadamkan api sebelum membesar.

Kata kunci dalam pengoperasian APAR adalah PASS:

Pull, atau tarik pin pengaman APAR

Aim, atau arahkan nozzle pada bagian dasar api yang merupakan sumbernya

Squeeze, atau tekan handle APAR

Sweep, atau lakukan gerakan menyapu dari kiri ke kanan sambil tetap mengarahkannya ke sumber api.

Kapan untuk Tidak Menggunakan APAR

Anda sebaiknya tidak menggunakan APAR dalam beberapa kondisi yaitu:

• Anda tidak yakin dengan tipe APAR yang dimiliki, apakah sesuai dengan tipe api yang dihadapi. Tipe api yang umumnya terjadi dalam rumah adalah tipe api yang membakar kayu, kertas, kain, serta peralatan elektronik. Disarankan bagi pemilik rumah untuk memilih APAR tipe ABC yang mampu memadamkan tipe api tersebut. Kesalahan dalam memilih tipe APAR dapat membuat api menjadi lebih besar.

• Api yang dihadapi berukuran sangat besar

• Api menyebar dengan sangat cepat

• Api tersebut akan menutupi rute jalan keluar Anda

Dalam situasi tersebut, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah menyelamatkan diri dan keluarga. Bila Anda tidak dapat memadamkan api dengan mudah, keluarlah untuk mencari tempat aman dan hubungi petugas pemadam kebakaran.

Sebagai penutup, sering kali kita tidak menyadari betapa pentingnya APAR di rumah dan di kantor sebelum terjadi kebakaran. Sayangi orang – orang tercinta dari bahaya api. Belanja APAR di HARAPAN MANDIRI SEJAHTERA 













informasi kerjasama & pertanyaan : 082213654657 ( AMRY )

Pages